Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat Ke-69,--“Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh”
Home >> Informasi >> Berita
Berita

24 Januari 20120
PETANI JABAR PEROLEH BANTUAN 750 TRAKTOR
Penulis : Syarif A

http://teknologitepatguna.com

Pemprov Jawa Barat memberikan bantuan sebanyak 750 unit traktor tangan untuk para petani di provinsi itu dalam rangka mencapai target produksi 12,5 juta ton gabah kering giling pada 2012.

"Sebanyak 750 unit traktor akan disebarkan mulai awal tahun ini ke seluruh daerah di Jawa Barat, bantuan diberikan kepada kelompok tani di daerah," kata Kepala Bidang Bina Usaha Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Barat Dody Firman Nugraha di Bandung, Kamis.

Menurut Dody, traktor tangan itu akan memfasilitasi kesulitan para petani di daerah untuk mendapatkan alat untuk membajak sawah mereka. Kekurangan traktor, kata dia selama ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi para petani dalam mempercepat penanaman padi.

Namun demikian, tidak disebutkan jenis traktor bantuan itu, namun yang jelas di awal tahun ini sudah bisa didistribusikan kepada para petani, sehingga bisa mengoptimalkan musim tanam pertama pada 2012.

"Target produksi padi pada 2012 sebesar 12,5 juta ton GKG atau meningkat dibandingkan tahun 2011 lalu. Sedangkan target areal tanam pada 2012 ditargetkan seluas 2,088 juta hektare," katanya.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan produktivitas petani di Jawa Barat, Pemprov Jabar juga akan merekrut dan mengerahkan 1.000 penyuluh pertanian lapangan (PPL) dari kalangan masyarakat. PPL tersebut akan dikontrak untuk masa bakti satu tahun dengan honor sebesar Rp500 ribu per bulan.

Perekrutan PPL itu, kata Dody merupakan pertama dilakukan oleh pemerintah provinsi di Indonesia. Anggaran untuk para PPL honorer itu dialokasikan dari APBD Jawa Barat.

"Jumlah PPL di Jawa Barat sangat terbatas, sedangkan kehadirannya sangat diperlukan dalam meningkatkan produktivitas panen di Jawa Barat. Perekrutan PPL ini merupakan pertama kali dilakukan oleh Pemprov di Indonesia," kata Dody.

Para PPL itu merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang pertanian dan bisa mengkomunikasikan program pertanian di daerah.

"Pada Triwulan pertama diharapkan PPL itu sudah bisa bertugas, sehingga diharapkan bisa memberikan bimbingan kepada para petani di daerah," kata Dody.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas pengolahan padi menjadi beras, Pemprov Jabar juga memberikan bantuan 23 unit mesin heuleur atau penggilingan padi yang akan didistribusikan di sejumlah sentra produksi padi di Jabar.

"Untuk bantuan heuleur sebanyak 23 unit, yang akan dikelola oleh kelompok tani," kata Kepala Bidang Bina Usaha Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jabar itu menambahkan.
 

Sumber : http://antarajawabarat.com | File : | Dibaca : 19723 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

PEMBIAYAAN PERTANIAN: PERLU LEMBAGA PETANI KOKOH
21 Oktober 2014

Pemerintahan Joko Widodo perlu terus mendorong pembuatan lembaga petani yang kokoh agar mudah memperoleh pembiayaan dari perbankan.

Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih mengatakan kelembagaan petani yang

INPARI 19, ADAPTIF DI BERBAGAI KABUPATEN
20 Oktober 2014

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menciptakan varietas padi yang dapat dikembangkan di lahan irigasi dan tadah hujan. Pada tahun 2011 telah dilepas varietas unggul baru (VUB) dengan

PENCETAKAN SAWAH BARU JADI PROGRAM PRIORITAS
20 Oktober 2014

Dari target 100.000 hektare pada 2018 mendatang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat baru mampu merealiasikan sekitar 500 hektare sawah baru hingga saat ini. Meskipun demikian, masih ada ratusan ribu hektare

5 NEGARA YANG TAK BAKAL KEKURANGAN PANGAN
17 Oktober 2014

Tidak semua negara ternyata mampu memenuhi kebutuhan pangan bagi rakyatnya. Bahkan kawasan Sub-sahara Afrika diprediksi hanya mampu mencukupi 15 persen kebutuhan pangan warganya pada 2030.

 1 2 3 >  Last ›