Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat Ke-69,--“Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh”
Home >> Informasi >> Berita
Berita

05 Maret 20100
PRODUKSI BERAS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DIPROYEKSIKAN NAIK 8 PERSEN
Penulis : Admin

Produksi beras di Kab BandungBarat diproyeksikan mengalami kenaikan lebih dari delapan persen dibandingkandengan tahun 2009. Dengan begitu, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan beras masyarakatKabupaten Bandung Barat sebesar 96.8 kg/kapita/tahun.

                “Padatahun lalu, areal tanaman seluas 37.911 ha dengan luas panen sekitar 36.147 ha.Dari lahan seluas itu, didapat produksi beras  217.573,31 ton gabah kering  dan diperkirakan meningkat delapan persentahun ini”, demikian Ida Nurhamida, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan danKehutanan Kab. Bandung Barat.

                Menurutnyasecara perhitungan kasar, peningkatan ini disebabkan oleh pelaksanaan teknologipertanian serta penanaman menggunakan metode budidaya. Diantaranya, melakukandemplot (tanam percobaan) dari Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu(SLPTT) dan penanaman padi SRI (System of Rice Intensification).

                Padabulan Maret tahun 2010 ini akan terjadi panen raya melimpah. Selama tidak ada hambatanseperti serangan hama dan perubahan cuaca yang ekstrem, swasembada beras tahun2010 di Kabupaten Bandung Barat bisa tercapai.

                Sementaraitu, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat, LilyKoesmadiantoro mengakui, saat ini harga beras dipasaran sudah mulai merangkaknaik. Meski begitu, kenaikannya masih dalam batas normal, yaitu sekitar empatpuluh persen. Kondisi ini hanya akan berlangsung sementara hingga panen rayananti.

“Kebutuhan beras masyarakat jugabisa dipenuhi dari program Beras untuk Rakyat Miskin (Raskin) seharga rp.1.600. Kabupaten Bandung Barat sudah mengajukan permohonan raskin kepada Bulogsebanyak 13 kg/kapita/bulan untuk sekitar 500.000 rumah tangga sasaran”,jelasnya.

Sumber : Sinar Tani | File : | Dibaca : 24364 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

PROSPEK SINGKONG (Manihot utilissima) SEBAGAI PEMASOK BAHAN BAKU BIOETANOL UNTUK CAMPURAN BBM PREMIUM DAN PERMASALAHANNYA
23 Oktober 2014

Selintas para petani memandang singkong atau ubi kayu atau ketela pohon (Manihot utilissima) sebagai komoditi yang kurang menarik, karena dari asfek ekonomi memiliki nilai jual yang relatif rendah. Kondisi

MAKAN KENTANG JIKA TIDAK INGIN GEMUK
23 Oktober 2014

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Nutrition, mengungkapkan orang-orang dapat mengkonsumsi kentang sembari menurunkan berat badannya.

NASI PUTIH PENYEBAB TERBESAR PENYAKIT DIABETES
23 Oktober 2014

Belum makan, kalau belum bertemu nasi putih. Pepatah itu menjadi gambaran kebiasaan makan orang Indonesia. Akibatnya, penduduk Indonesia dihantui dengan penyakit diabetes. 

 

PANGANDARAN HARUS PUNYA RTRW YANG JELAS DAN BENAR
23 Oktober 2014

Sebagai Daerah Otonom Baru (DOB), Kabupaten Pangandaran harus memiliki

 1 2 3 >  Last ›