Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat Ke-69,--“Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh”
Home >> Informasi >> Berita
Berita

05 Maret 20100
PRODUKSI BERAS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DIPROYEKSIKAN NAIK 8 PERSEN
Penulis : Admin

Produksi beras di Kab BandungBarat diproyeksikan mengalami kenaikan lebih dari delapan persen dibandingkandengan tahun 2009. Dengan begitu, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan beras masyarakatKabupaten Bandung Barat sebesar 96.8 kg/kapita/tahun.

                “Padatahun lalu, areal tanaman seluas 37.911 ha dengan luas panen sekitar 36.147 ha.Dari lahan seluas itu, didapat produksi beras  217.573,31 ton gabah kering  dan diperkirakan meningkat delapan persentahun ini”, demikian Ida Nurhamida, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan danKehutanan Kab. Bandung Barat.

                Menurutnyasecara perhitungan kasar, peningkatan ini disebabkan oleh pelaksanaan teknologipertanian serta penanaman menggunakan metode budidaya. Diantaranya, melakukandemplot (tanam percobaan) dari Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu(SLPTT) dan penanaman padi SRI (System of Rice Intensification).

                Padabulan Maret tahun 2010 ini akan terjadi panen raya melimpah. Selama tidak ada hambatanseperti serangan hama dan perubahan cuaca yang ekstrem, swasembada beras tahun2010 di Kabupaten Bandung Barat bisa tercapai.

                Sementaraitu, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat, LilyKoesmadiantoro mengakui, saat ini harga beras dipasaran sudah mulai merangkaknaik. Meski begitu, kenaikannya masih dalam batas normal, yaitu sekitar empatpuluh persen. Kondisi ini hanya akan berlangsung sementara hingga panen rayananti.

“Kebutuhan beras masyarakat jugabisa dipenuhi dari program Beras untuk Rakyat Miskin (Raskin) seharga rp.1.600. Kabupaten Bandung Barat sudah mengajukan permohonan raskin kepada Bulogsebanyak 13 kg/kapita/bulan untuk sekitar 500.000 rumah tangga sasaran”,jelasnya.

Sumber : Sinar Tani | File : | Dibaca : 21974 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

MINIM PASOKAN AIR, RIBUAN HEKTAR SAWAH DI PANTURA TAK BISA DITANAMI
27 Agustus 2014

Sekitar 60 persen dari 10 ribu hektar areal sawah tersebar di empat kecamatan yang ada di wilayah Pantura Kabupaten Subang belum bisa ditanami.

Pasalnya aliran air dari saluran irigasi

KUNINGAN BERTEKAD ZERO LAHAN KRITIS PADA 2018
27 Agustus 2014

Seluruh warga masyarakat beserta segenap aparatur pemerintah, hendaknya selaras dan kompak dalam mewujudkan tekad Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten konservasi dalam meng-nol-kan (zero) lahan kritis paling tidak pada 2018 mendatang.

PETANI 101 TAHUN DIBERI PENGHARGAAN ATAS JASA PENGAMATAN CUACA
26 Agustus 2014

Richard Hendrickson lakukan pengamatan cuaca di pertaniannya sebagai bentuk pengabdian terhadap negaranya selama lebih dari 8 dekade.

SEBANYAK 40 PERSEN WARGA CIANJUR HANYA BURUH TANI
25 Agustus 2014

Sebanyak 40 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Cianjur sebanyak 2,2 juta jiwa hanya sebagai buruh tani. Padahal, Kabupaten Cianjur menjadi salah satu kabupaten yang dijadikan lumbung padi Jawa

 1 2 3 >  Last ›