Home >> Informasi >> Berita
Berita

05 Maret 20100
PRODUKSI BERAS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DIPROYEKSIKAN NAIK 8 PERSEN
Penulis : Admin

Produksi beras di Kab BandungBarat diproyeksikan mengalami kenaikan lebih dari delapan persen dibandingkandengan tahun 2009. Dengan begitu, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan beras masyarakatKabupaten Bandung Barat sebesar 96.8 kg/kapita/tahun.

                “Padatahun lalu, areal tanaman seluas 37.911 ha dengan luas panen sekitar 36.147 ha.Dari lahan seluas itu, didapat produksi beras  217.573,31 ton gabah kering  dan diperkirakan meningkat delapan persentahun ini”, demikian Ida Nurhamida, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan danKehutanan Kab. Bandung Barat.

                Menurutnyasecara perhitungan kasar, peningkatan ini disebabkan oleh pelaksanaan teknologipertanian serta penanaman menggunakan metode budidaya. Diantaranya, melakukandemplot (tanam percobaan) dari Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu(SLPTT) dan penanaman padi SRI (System of Rice Intensification).

                Padabulan Maret tahun 2010 ini akan terjadi panen raya melimpah. Selama tidak ada hambatanseperti serangan hama dan perubahan cuaca yang ekstrem, swasembada beras tahun2010 di Kabupaten Bandung Barat bisa tercapai.

                Sementaraitu, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat, LilyKoesmadiantoro mengakui, saat ini harga beras dipasaran sudah mulai merangkaknaik. Meski begitu, kenaikannya masih dalam batas normal, yaitu sekitar empatpuluh persen. Kondisi ini hanya akan berlangsung sementara hingga panen rayananti.

“Kebutuhan beras masyarakat jugabisa dipenuhi dari program Beras untuk Rakyat Miskin (Raskin) seharga rp.1.600. Kabupaten Bandung Barat sudah mengajukan permohonan raskin kepada Bulogsebanyak 13 kg/kapita/bulan untuk sekitar 500.000 rumah tangga sasaran”,jelasnya.

Sumber : Sinar Tani | File : | Dibaca : 28585 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

KOMISI IV DPR AKAN BAHAS SOAL BERAS PLASTIK DENGAN MENTERI PERTANIAN
26 Mei 2015

Beras diduga berbahan baku plastik yang ditemukan di Bantargebang, Bekasi, menggugah perhatian anggota dewan. Komisi IV DPR yang salah satu tugasnya membawahi persoalan pangan akan membahas kasus beras plastik

BERAS SINTETIS BEKASI POSITIF BERBAHAN PLASTIK
26 Mei 2015

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memastikan temuan beras yang beredar di Pasar Mutiara Gading Timur pada Selasa (19/5) mengandung bahan baku plastik.

JABAR GENJOT PERTANIAN JABAR SELATAN
26 Mei 2015

Besarnya potensi wilayah selatan Jawa Barat terus dikembangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Setelah membangun infrastruktur di kawasan tersebut, Pemprov Jabar melirik sektor pertanian dan perikanan sebagai sumber daya yang

OMZET PEDAGANG BERAS TURUN 30 PERSEN
26 Mei 2015

Beberapa pedagang beras di pasar tradisional di Kabupaten Majalengka mengeluhkan turunnya omzet dagangan mereka hingga sebesar 30 persenan setelah munculnya pemeberitaan beras sintetis di media.

 1 2 3 >  Last ›