Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat Ke-69,--“Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh”
Home >> Informasi >> Berita
Berita

05 Maret 20100
PRODUKSI BERAS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DIPROYEKSIKAN NAIK 8 PERSEN
Penulis : Admin

Produksi beras di Kab BandungBarat diproyeksikan mengalami kenaikan lebih dari delapan persen dibandingkandengan tahun 2009. Dengan begitu, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan beras masyarakatKabupaten Bandung Barat sebesar 96.8 kg/kapita/tahun.

                “Padatahun lalu, areal tanaman seluas 37.911 ha dengan luas panen sekitar 36.147 ha.Dari lahan seluas itu, didapat produksi beras  217.573,31 ton gabah kering  dan diperkirakan meningkat delapan persentahun ini”, demikian Ida Nurhamida, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan danKehutanan Kab. Bandung Barat.

                Menurutnyasecara perhitungan kasar, peningkatan ini disebabkan oleh pelaksanaan teknologipertanian serta penanaman menggunakan metode budidaya. Diantaranya, melakukandemplot (tanam percobaan) dari Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu(SLPTT) dan penanaman padi SRI (System of Rice Intensification).

                Padabulan Maret tahun 2010 ini akan terjadi panen raya melimpah. Selama tidak ada hambatanseperti serangan hama dan perubahan cuaca yang ekstrem, swasembada beras tahun2010 di Kabupaten Bandung Barat bisa tercapai.

                Sementaraitu, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat, LilyKoesmadiantoro mengakui, saat ini harga beras dipasaran sudah mulai merangkaknaik. Meski begitu, kenaikannya masih dalam batas normal, yaitu sekitar empatpuluh persen. Kondisi ini hanya akan berlangsung sementara hingga panen rayananti.

“Kebutuhan beras masyarakat jugabisa dipenuhi dari program Beras untuk Rakyat Miskin (Raskin) seharga rp.1.600. Kabupaten Bandung Barat sudah mengajukan permohonan raskin kepada Bulogsebanyak 13 kg/kapita/bulan untuk sekitar 500.000 rumah tangga sasaran”,jelasnya.

Sumber : Sinar Tani | File : | Dibaca : 22139 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

JOKOWI AKAN LEBUR KEMENTERIAN PERTANIAN, KEMENTERIAN KELAUTAN, DAN KEMENDIKBUD
03 September 2014

Presiden terpilih Joko Widodo bertemu dengan Tim Transisi di Kantor Transisi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/9/2014). Pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu hanya membahas mengenai opsi pertama postur

MANFAAT SORGUM SELAIN UNTUK PANGAN
02 September 2014

Sorgum merupakan tanaman serealia yang potensial dikembangkan untuk menunjang program ketahanan pangan dan agribisnis. Keunggulan sorgum antara lain daya adaptasi luas pada berbagai agroekologi seperti pantai hingga pegunungan, kebutuhan

PETANI MULAI MENANAM PALAWIJA
01 September 2014

Memanfaatkan minimnya pasokan air musim kemarau, petani di wilayah Pamongkoran, Kecamatan Banjar, Kota banjar mulai menanam palawija jenis kedelai. Langkah tersebut sekaligus sebagai upaya memutus mata rantai atau siklus

PANGANDARAN TERIMA PENYERAHAN ASET PERTANIAN DARI CIAMIS
01 September 2014

Kabupaten Pangandaran mendapatkan peralatan pengolahan pertanian dari Kabupaten Ciamis. Peralatan tersebut merupakan aset yang sebelumnya berada di kabupaten induk. Dikatakan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis Kustini, aset

 1 2 3 >  Last ›