Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat Ke-69,--“Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh”
Home >> Informasi >> Berita
Berita

01 Agustus 20120
LOMBA PENYULUH PNS, PENYULUH SWADAYA, GAPOKTAN, PETANI, UP-FMA, UPJA DAN BALAI PENYULUHAN BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI TAHUN 2012
Penulis : Admin Seksi Kelembagaan Bidang Sumber Daya Diperta Jabar

penilaian UPJA berprestasi dilaksanakan pada Hari Senin Tanggal 9 Juli 2012 bertempat di kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat.

Untuk memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja Penyuluh Pertanian PNS,Penyuluh Pertanian Swadaya, THL-TB PP dan Kepala BPPdalam menyelenggarakan penyuluhan serta meningkatkan motivasi petani dalam peningkatan produktivitas dan kinerjanya dalam mengelola usahataninya serta meningkatkan peran kelembagaan tani (Gapoktan, UP-FMA dan UPJA), perlu dilakukan penilaian yang dilaksanakan secara objektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga memberikan gambaran yang akurat dan terukur. Salah satu upayanya adalah dengan dengan melaksanakan penilaian penyuluh PNS, penyuluh swadaya, THL-TB Penyuluh Pertanian, petani, gapoktan, UP-FMA, UPJA dan kelembagaan penyuluhan Berprestasi yang mengacu kepada pedoman-pedoman pelaksanaan penilaian yang telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian.

Verifikasi dan penilaian Penyuluh PNS, Penyuluh Swadaya, THL-TB Penyuluh Pertanian, petani, gapoktan, UP-FMA dan kelembagaan penyuluhan (BP3K) Berprestasidilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yaitu pada Hari Selasa s.d. Kamis Tanggal 17 s.d. 19 April 2012 serta untuk penilaian UPJA berprestasi dilaksanakan pada Hari Senin Tanggal 9 Juli 2012 bertempat di kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat.

Ada 8 jenis lomba yaitu Penyuluh PNS Teladan, Penyuluh Swadaya Teladan, Petani Teladan, Gapoktan Berprestasi, Penyuluh THL-TB PP Teladan, BPP/ BP3K Terbaik, UP-FMA Berprestasi, dan UPJA Berprestasi. Pelaksanaan ke 8 lomba tersebut adalah dari tanggal 17 April hingga 9 Juli 2012. Pesertanya adalah para Penyuluh PNS, Penyuluh Swadaya, THL-TB Penyuluh Pertanian, petani, gapoktan, UP-FMA, UPJA dan kelembagaan penyuluhan di Kecamatan se-Jawa Barat.

Perlombaan dibagi menjadi 3 tahap. Tahap seleksi administrasi, Tahap penyisihan / diskusi profil dan kinerja, dan terakhir tahap Kunjungan Lapangan.

Diharapkan,dengan adanyakegiatan ini dapat meningkatkan kinerja para pemangku penyelenggara penyuluhan di daerah dan  memotivasi aparatur pertanian dan kelompok tani untuk lebih berperan serta dalam pelaksanaan pembangunan pertanian.

Sumber : Seksi Kelembagaan Bidang Sumber Daya Diperta Jabar | File : | Dibaca : 15006 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

PENGGUNAAN BENIH JAGUNG HIBRIDA REGENERASI PADA USAHATANI JAGUNG
28 Agustus 2014

Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, penggunaan benih hibrida turunan atau recycled hybrid masih menjadi pilihan petani khususnya pada pertanaman musim tanam kedua. Alasannya pun sederhana, harga benih hibrida mahal

SOLAR LANGKA, SEJUMLAH PENGGILINGAN PADI MEMILIH TUTUP
28 Agustus 2014

Sejumlah penggilingan padi di Kabupaten Cianjur merasakan kesulitan mendapatkan solar menyusul adanya pembatasan pembelian BBM jenis solar dan premium.

"Kalau saya masih memaksakan buka karena banyak petani yang menginginkan

MINIM PASOKAN AIR, RIBUAN HEKTAR SAWAH DI PANTURA TAK BISA DITANAMI
27 Agustus 2014

Sekitar 60 persen dari 10 ribu hektar areal sawah tersebar di empat kecamatan yang ada di wilayah Pantura Kabupaten Subang belum bisa ditanami.

Pasalnya aliran air dari saluran irigasi

KUNINGAN BERTEKAD ZERO LAHAN KRITIS PADA 2018
27 Agustus 2014

Seluruh warga masyarakat beserta segenap aparatur pemerintah, hendaknya selaras dan kompak dalam mewujudkan tekad Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten konservasi dalam meng-nol-kan (zero) lahan kritis paling tidak pada 2018 mendatang.

 1 2 3 >  Last ›