Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat Ke-69,--“Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh”
Home >> Informasi >> Berita
Berita

01 Agustus 20120
LOMBA PENYULUH PNS, PENYULUH SWADAYA, GAPOKTAN, PETANI, UP-FMA, UPJA DAN BALAI PENYULUHAN BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI TAHUN 2012
Penulis : Admin Seksi Kelembagaan Bidang Sumber Daya Diperta Jabar

penilaian UPJA berprestasi dilaksanakan pada Hari Senin Tanggal 9 Juli 2012 bertempat di kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat.

Untuk memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja Penyuluh Pertanian PNS,Penyuluh Pertanian Swadaya, THL-TB PP dan Kepala BPPdalam menyelenggarakan penyuluhan serta meningkatkan motivasi petani dalam peningkatan produktivitas dan kinerjanya dalam mengelola usahataninya serta meningkatkan peran kelembagaan tani (Gapoktan, UP-FMA dan UPJA), perlu dilakukan penilaian yang dilaksanakan secara objektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga memberikan gambaran yang akurat dan terukur. Salah satu upayanya adalah dengan dengan melaksanakan penilaian penyuluh PNS, penyuluh swadaya, THL-TB Penyuluh Pertanian, petani, gapoktan, UP-FMA, UPJA dan kelembagaan penyuluhan Berprestasi yang mengacu kepada pedoman-pedoman pelaksanaan penilaian yang telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian.

Verifikasi dan penilaian Penyuluh PNS, Penyuluh Swadaya, THL-TB Penyuluh Pertanian, petani, gapoktan, UP-FMA dan kelembagaan penyuluhan (BP3K) Berprestasidilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yaitu pada Hari Selasa s.d. Kamis Tanggal 17 s.d. 19 April 2012 serta untuk penilaian UPJA berprestasi dilaksanakan pada Hari Senin Tanggal 9 Juli 2012 bertempat di kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat.

Ada 8 jenis lomba yaitu Penyuluh PNS Teladan, Penyuluh Swadaya Teladan, Petani Teladan, Gapoktan Berprestasi, Penyuluh THL-TB PP Teladan, BPP/ BP3K Terbaik, UP-FMA Berprestasi, dan UPJA Berprestasi. Pelaksanaan ke 8 lomba tersebut adalah dari tanggal 17 April hingga 9 Juli 2012. Pesertanya adalah para Penyuluh PNS, Penyuluh Swadaya, THL-TB Penyuluh Pertanian, petani, gapoktan, UP-FMA, UPJA dan kelembagaan penyuluhan di Kecamatan se-Jawa Barat.

Perlombaan dibagi menjadi 3 tahap. Tahap seleksi administrasi, Tahap penyisihan / diskusi profil dan kinerja, dan terakhir tahap Kunjungan Lapangan.

Diharapkan,dengan adanyakegiatan ini dapat meningkatkan kinerja para pemangku penyelenggara penyuluhan di daerah dan  memotivasi aparatur pertanian dan kelompok tani untuk lebih berperan serta dalam pelaksanaan pembangunan pertanian.

Sumber : Seksi Kelembagaan Bidang Sumber Daya Diperta Jabar | File : | Dibaca : 15723 x


Form Komentar Berita


Berita Lainnya

PEMDA KUNINGAN DIMINTA SERIUS CEGAH ALIH FUNGSI SAWAH
16 September 2014

Pemerintah daerah diminta serius dalam mengantisipasi terjadinya lahan pertanian yang rentan beralih fungsi, sehingga luas sawah setiap tahunnya terus menyusut dan bakal berdampak terhadap kemampuan pengadaan pangan. Para petani

GANDENG KPK, KEMENTAN AWASI DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI
16 September 2014

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mulai "gerah" karena pupuk yang disubsidi tidak diterima oleh para petani di berbagai daerah. Dia pun mengaku saat ini sudah melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

LIMBAH JAMBU METE JUGA BISA MENJADI PUPUK ORGANIK
15 September 2014

Pupuk organik telah banyak menggantikan peran pupuk berbahan baku kimia. Selain faktor kesehatan, pupuk organik juga terbuat dari bahan yang mudah diperoleh, mulai dari limbah tanaman, pertanian, ternak, hingga

APA SARAN KEPALA BPS UNTUK JOKOWI?
12 September 2014

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin memberikan rekomendasi kepada pemerintahan baru nanti yang dipimpin Joko Widodo-Jusuf Kalla agar melarang konversi lahan pertanian subur menjadi areal perumahan.

 1 2 3 >  Last ›