Home >> Informasi >> Berita
Berita

03 Juli 20120
STOK BERAS AMAN HINGGA 6 BULAN KE DEPAN
Penulis : CA-09/A-108

sergapntt.wordpress.com

Kepala Bulog Divre Jawa Barat Usep Karyana mengklaim, stok beras aman ketika menghadapi lebaran nanti. Pasalnya, hingga enam bulan ke depan terdapat stok beras sebesar 260 ribu ton.

“Oleh sebab itu, menghadapi lebaran nanti, kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak memborong beras karena khawatir harga akan naik,” ujarnya di pertemuan Koordinasi Lintas Wilayah Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi (FKPI), Ruang Sanggabuana, Gedung Sate, Selasa (26/6/12).

Dia menambahkan, pemborongan besar-besaran berpotensi merusak pasar serta dapat menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

Selain itu, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jawa Barat, dan Bank Indonesia, untuk melakukan operasi pasar. Menurutnya, hal tersebut juga dilakukan untuk meredam aksi spekulan.

Usep menambahkan, tingkat serapan beras dan gabah hingga pertengahan Juni 2012 mengalami peningkatan sebesar 100% bila dibandingkan tahun lalu. Serapan beras dan gabah hingga tahun ini sebesar 350 ribu ton. Sementara tahun lalu hanya 124 ribu ton,” ujarnya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com | File : | Dibaca : 15281 x


Berita Lainnya

PETANI BAWANG MERAH DIANJURKAN GUNAKAN BENIH UMBI UDARA
02 Juli 2015

Kebiasaan para petani bawang merah yang secara turun-temurun menggunakan benih umbi bermutu rendah, berdampak pada rendahnya produktivitas tanaman bawang merah.

Padahal, budidaya bawang merah melalui penggunaan benih hasil rekayasa berupa umbi

INDEKS HARGA GROSIR JUNI: HARGA PRODUK PERTANIAN NAIK TAJAM
02 Juli 2015

Harga grosir produk pertanian meningkat pesat sepanjang Mei dan Juni 2015.

BPS melaporkan indeks harga perdagangan besar (IHPB) umum non migas naik 0,83% dari 137,69 pada Mei 2015 menjadi 138,84 pada

ASURANSI PERTANIAN: PERMENTAN ATUR DUA SKENARIO PEMBAYARAN PREMI
02 Juli 2015

Kementerian Pertanian tengah memfinalisasi beleid turunan mengenai pelaksanaan asuransi pertanian yang akan diterbitkan dalam bentuk Peraturan Menteri Pertanian.

Sumardjo Gatot Irianto, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan

SUHU MUSIM KEMARAU LEBIH RENDAH DIBANDINGKAN MUSIM HUJAN
02 Juli 2015

Suhu pada periode musim kemarau di Kota Bandung, umumnya relatif lebih rendah bila dibandingkan musim hujan.

Hal itu dikatakan Peneliti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin

 1 2 3 >  Last ›