Mengantisipasi dan langkah taktis Kementerian Pertanian dalam upaya kekeringan tahun 2015 dengan membangun irigasi tersier, membangun embung, membagikan pompa air, kemudian membagikan alat mesin pertanian dan lainnya supaya mempercepat tanam dan panen. Jadi tanam bisa lebih cepat kalau menggunakan mesin rice transplanter, panen lebih cepat menggunakan mini combine harvester, dibanding kalau cara manual.
Home >> Informasi >> Berita
Berita

03 Juli 20120
STOK BERAS AMAN HINGGA 6 BULAN KE DEPAN
Penulis : CA-09/A-108

sergapntt.wordpress.com

Kepala Bulog Divre Jawa Barat Usep Karyana mengklaim, stok beras aman ketika menghadapi lebaran nanti. Pasalnya, hingga enam bulan ke depan terdapat stok beras sebesar 260 ribu ton.

“Oleh sebab itu, menghadapi lebaran nanti, kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak memborong beras karena khawatir harga akan naik,” ujarnya di pertemuan Koordinasi Lintas Wilayah Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi (FKPI), Ruang Sanggabuana, Gedung Sate, Selasa (26/6/12).

Dia menambahkan, pemborongan besar-besaran berpotensi merusak pasar serta dapat menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

Selain itu, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jawa Barat, dan Bank Indonesia, untuk melakukan operasi pasar. Menurutnya, hal tersebut juga dilakukan untuk meredam aksi spekulan.

Usep menambahkan, tingkat serapan beras dan gabah hingga pertengahan Juni 2012 mengalami peningkatan sebesar 100% bila dibandingkan tahun lalu. Serapan beras dan gabah hingga tahun ini sebesar 350 ribu ton. Sementara tahun lalu hanya 124 ribu ton,” ujarnya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com | File : | Dibaca : 15392 x


Berita Lainnya

KEKERINGAN ANCAM PRODUKSI PERTANIAN
30 Juli 2015

Anggota DPR RI Komisi IV Rofi Munawar meminta antisipasi Kementerian Pertanian lebih serius terhadap ancaman kekeringan, karena secara faktual kondisi tersebut akan mempengaruhi pencapaian produksi pangan nasional. Tahun lalu,

DPR MENCAK-MENCAK KARENA PERTANIAN RUSAK. PEMERINTAH HARUS TANGGUNG JAWAB
30 Juli 2015

Kekeringan yang melanda lahan pertanian di beberapa daerah Indonesia berpotensi menurunkan target panen raya pada Agustus 2015 mendatang.

KEMENTAN BENTUK TIMSUS ANTISIPASI KEKERINGAN
30 Juli 2015

Kementerian Pertanian membentuk tim khusus untuk mengendalikan meluasnya bencana kekeringan sebagai dampak elnino yang terjadi sejak Maret dan diperkirakan berlangsung hingga Oktober-November.