Mengantisipasi dan langkah taktis Kementerian Pertanian dalam upaya kekeringan tahun 2015 dengan membangun irigasi tersier, membangun embung, membagikan pompa air, kemudian membagikan alat mesin pertanian dan lainnya supaya mempercepat tanam dan panen. Jadi tanam bisa lebih cepat kalau menggunakan mesin rice transplanter, panen lebih cepat menggunakan mini combine harvester, dibanding kalau cara manual.
Home >> Informasi >> Berita
Berita

KEKERINGAN ANCAM PRODUKSI PERTANIAN
03 Agustus 2015

Ilustrasi

BANDUNG,(PRLM).- Anggota DPR RI Komisi IV Rofi Munawar meminta antisipasi Kementerian Pertanian lebih serius terhadap ancaman kekeringan, karena secara faktual kondisi tersebut akan mempengaruhi pencapaian produksi pangan nasional. Tahun lalu, tercatat 30 ribu hektare sawah mengalami kegagalan panen.

"Tahun ini dampak El Nino sebabkan musim kemarau lebih panjang. Dalam beberapa tahun terakhir ini pergeseran musim hujan menyebabkan bergesernya musim tanam dan panen komoditi pangan, sehingga kekeringan telah menyebabkan gagal tanam, gagal panen, dan bahkan menyebabkan puso," kata Rofi dalam pernyataannya ke PR Online, Kamis (30/7/2015).

http://www.diperta.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/informasi/berita/detailberita/4089
KEKERINGAN ANCAM PRODUKSI PERTANIAN
03 Agustus 2015

Anggota DPR RI Komisi IV Rofi Munawar meminta antisipasi Kementerian Pertanian lebih serius terhadap ancaman kekeringan, karena secara faktual kondisi tersebut akan mempengaruhi pencapaian produksi pangan nasional. Tahun lalu,

PRESIDEN: PERLU DATA TUNGGAL UNTUK MAJUKAN PERTANIAN
03 Agustus 2015

DATA TUNGGAL PERTANIAN MUTLAK DIPERLUKAN
03 Agustus 2015

Ketersediaan data tunggal produk-produk pertanian mutlak diperlukan Indonesia. Hal itu untuk memajukan pertanian nasional terutama saat perjadi perubahan iklim dunia seperti saat ini. Tanpa data tunggal,
sulit